Jumat 28 Feb 2014 01:49 WIB

Marzuki Alie Diminta Buka Absensi Anggota DPR

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Didi Purwadi
Marzuki Alie
Foto: Antara/Reno Esnir
Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketidakhadiran anggota DPR dalam sejumlah aktivitas parlemen akhir-akhir ini membuat publik gerah. Sebuah petisi untuk membuka daftar absensi Anggota DPR pun muncul di laman change.org

Petisi ini digagas oleh Yoga Widhia Pradhana yang berdomisili di Surabaya, Jawa Timur dan ditujukan kepada Ketua DPR Marzuki Alie dan petinggi-petinggi lainnya di DPR.

Seperti dikutip dari change.org pada Jumat (28/2) dini hari WIB, Yoga mengungkapkan minimnya kehadiran anggota DPR tentu berpengaruh terhadap kinerja parlemen. Situasi bertambah rumit mengingat 502 dari 560 anggota DPR saat ini akan kembali bertarung mempertahankan kursinya dalam pemilu legislatif 2014. 

Buruknya kinerja DPR ditambah keikutsertaan wajah-wajah lama di periode 2014-2019, kata Yoga, berpotensi tidak akan mengubah kinerja DPR ke arah yang lebih baik. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperbesar harapan perbaikan kinerja DPR adalah dengan tidak memilih kembali anggota DPR yang memiliki kehadiran rendah di seluruh sidang komisi dan paripurna. 

"Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui daftar absensi anggota DPR sebagai salah satu paramater dalam memilih calon anggota legislatif pada 9 April 2014 mendatang," ujar Yoga. Sampai Jumat (28/2), petisi telah ditandatangani 3.547 pendukung dari total 5.000 pendukung yang dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement