Selasa 25 Feb 2014 16:48 WIB

Jokowi Perintahkan Perpanjang Masa Gratis Pasar Blok G

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta.
Foto: beritajakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemprov akan memperpanjang masa gratis sewa kios bagi pedagang di Pasar Blok G, Tanah Abang. Hal itu lantaran pedagang masih mengeluh sepi pembeli meski sudah setengah tahun berjualan. 

"Sudah saya perintahkan untuk diberi gratis lagi enam bulan. Tapi itu urusannya PD Pasar Jaya," katanya, Selasa (25/2). 

Jokowi meminta pedagang bersabar menunggu sampai tangga penghubung dari Pasar Blok F ke Pasar Blok G rampung. Jika sudah jadi, dia menjamin pasar yang menjadi tempat relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) itu akan disesaki pembeli. 

"Ini kan masih proses. Kita baru bangun tangga penghubung sama eskalator juga," kata mantan Wali Kota Solo tersebut. 

Jokowi mengatakan, pemprov sudah melakukan berbagai upaya untuk mencari magnet agar Pasar Blok G ramai pembeli. Mulai dari mempercantik bangunan pasar, menyediakan hadiah berupa mobil, hingga menggelar musik keroncong tiap akhir pekan di depan pasar. 

Yang terbaru, kata Jokowi, dalam waktu dekat pemprov dan PT Kereta Api Indonesia juga akan membuat tangga penghubung dari Stasiun Tanah Abang ke Pasar Blok G.

Namun, Jokowi juga meminta agar pedagang kreatif. Sebab, mereka tidak bisa mengandalkan pemerintah saja agar dagangan mereka laris. Pedagang juga harus bisa menjual produk yang harga dan kualitasnya bersaing.

"Kurang apa sih kita? Semua hal sudah kita kerjain. Kalau masih sepi juga, itu urusan pedagang. Jangan semua minta disuntik pemerintah. Feeling bisnis mereka juga harus dilatih," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement