Selasa 25 Feb 2014 14:34 WIB

Alhamdulillah.. Petani Kelud Dapat Kiriman Bibit Tanaman

Gunung Kelud
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Gunung Kelud

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengirimkan bantuan bibit tanaman pada kelompok tani sebagai upaya agar warga yang menjadi korban erupsi Gunung Kelud (1731 mdpl) bisa kembali mendapatkan penghasilan.

"Kami sudah musyawarah jenisnya (bibit) dan akan didistribusikan ke kelompok tani," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, Widodo Imam Santoso, di Kediri, Jawa Timur, Selasa.

Ia mengatakan saat ini sudah tersedia sejumlah bibit tanaman terutama jenis sayur, seperti sawi, kacang panjang, buncis, dan bibit jenis lainnya.

Bibit itu dinilai cocok diberikan ke warga korban erupsi, karena masa tanamnya yang lebih singkat. Warga bisa segera menjual hasil tanamannnya ke pasar dan tidak memerlukan modal besar.

Pihaknya juga akan menyediakan sejumlah bibit tanaman lain seperti jagung dan cabai. Namun, cabai masih dianjurkan agar tidak ditanam terlebih dahulu karena khawatir air tidak mencukupi.

Kemarau hanya tinggal dalam hitungan hari dan sejumlah sumber air pun sampai saat ini masih ada yang tersumbat pasir pascaerupsi Gunung Kelud pada pertengahan Februari lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement