Senin 24 Feb 2014 23:46 WIB

Tasikmalaya Targetkan Bebas Rabies Dua Tahun Lagi

Anjing rabies, ilustrasi
Anjing rabies, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menargetkan bebas dari kasus penyakit rabies pada 2016 dengan meningkatkan penyisiran anjing liar dan peliharaan masyarakat.

"Kami menargetkan pada tahun 2016 Tasikmalaya benar-benar terbebas dari kasus rabies," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat veteriner Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya, Idik Abdulah, kepada wartawan, Senin.

Ia menuturkan pihaknya akan mewujudukan target itu dengan meningkatkan penyisiran anjing liar dan peliharaan masyarakat kemudian melakukan pemeriksaan dan vaksinasi secara berkala agar tidak terkena rabies.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan mengamankan anjing liar yang sulit dipantau keberadaannya dan anjing yang selalu menggangu hewan ternak domba dan ayam milik warga.

"Tindakan pencegahannya yaitu dengan vaksinasi dan eliminasi anjing liar yang mengganggu hewan ternak domba dan ayam,'' katanya seperti dikutip Antara. ''Tapi, upaya pencegahan itu, kami kesulitan pada anjing liar yang ada di hutan.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement