Senin 24 Feb 2014 09:54 WIB

Asyik, Bus Tingkat Pariwisata Resmi Beroperasi Hari Ini

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
 Bus tingkat melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (16/1).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Bus tingkat melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Mulai hari ini, Senin (24/2), lima unit bus tingkat pariwisata milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi beroperasi. Bus tingkat yang juga memiliki nama City Tour itu akan melayani turis keliling Jakarta secara gratis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, bus siap melayani warga mulai pukul 09.00 WIB hari ini. ”Kondisi bus sudah kita cek, semuanya baik. Kita sudah siap melayani masyarakat,” kata dia pada wartawan.

Sebelumnya, bus asal Cina itu telah mengikuti prosedur uji coba selama satu pekan. Masa uji coba itu juga dijadikan sebagai bentuk sosialisasi pada masyarakat.

Arie memperkirakan, dalam satu hari, lima unit bus tingkat ini dapat mengangkut 3.000 penumpang. Bus seharga Rp 3 miliar per unit ini akan mengantar turis mengunjungi tempat-tempat wisata di Ibu Kota secara gratis. Rute yang akan dilewati yakni Jalan Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat, Harmoni, Jalan Juanda, Jalan Veteran 3, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Selanjutnya, bus-bus itu akan beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Untuk memulai perjalanan, semua bus tingkat parwisata akan parkir di Silang Barat Daya Monas.

Menurut Arie, kehadiran lima unit bus tingkat ini memang belum cukup untuk bisa mengakomodasi seluruh turis. Karenanya, kata dia, tahun ini Dinas Pariwisata akan kembali membeli 20 unit bus tingkat lagi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement