Sabtu 22 Feb 2014 23:34 WIB

PLN: Maret Sumbawa Aman Pemadaman Listrik

Listrik padam (ilustrasi)
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Listrik padam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA -- Manager PT PLN Area Sumbawa, Pedi Sumanto, menyatakan bahwa Maret mendatang, wilayah setempat aman dari pemadaman bergilir karena perbaikan mesin sewa sudah terselesaikan.

"Selama ini mesin sewa dari PT CDB mengalami kerusakan sehingga menyebabkan terjadi defisit listrik. Pada Maret nanti perbaikan mesin telah tuntas. Insya Allah pada pertengahan Maret, kita akan keluar dari cobaan ini," kata Pedi di Sumbawa Besar, Sabtu, seperti dikutip Antara.

Kepastian tidak ada pemadaman bergilir lagi, lanjut dia, dikarenakan tibanya mesin sewa dari PT Arena berkapasitas 7 megawatt (MW).

Selama ini pemadaman listrik yang diterapkan PT PLN dengan sistem bergilir, terpaksa dilakukan dan tidak bisa dihindari sebab adanya kerusakan mesin.

Akibatnya, memaksa mesin pembangkit milik PT PLN harus memikul beban dan terkesan dipaksakan demi menjaga pelayanan. Kondisi ini menyebabkan salah satu mesin pembangkit milik PT PLN berkapasitas 2,5 MW menjadi jebol.

"Kalau dulu kita masih bisa memelihara mesin pembangkit PT PLN tanpa pemadaman, karena ada mesin sewa yang mampu menanggulanginya. Tetapi sekarang setelah semua mesin sewa PT CDB berkapasitas 5 MW rusak total, jadinya mesin yang ada kita gunakan secara terus menerus tanpa istirahat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement