Sabtu 22 Feb 2014 15:16 WIB

Jaga Kedaulatan Dengan Nasionalisme

Rep: Dyah Meta Ratna Novia/ Red: Agung Sasongko
Warga di daerah perbatasan Kalimantan Barat dengan Serawak, Malaysia.
Foto: ANTARA FOTO
Warga di daerah perbatasan Kalimantan Barat dengan Serawak, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo  mengatakan, kedaulatan negara dan masalah perbatasan antar wilayah negara tidak bisa diselesaikan dengan membangun tembok beton dan kawat baja.

"Kedaulatan bangsa dan negara hanya dapat dijaga oleh warga Indonesia dengan nasionalsme. Dengan nasionalisme kedaulatan bangsa bisa dijaga oleh warga Indonesia dimanapun dia berada," kata Pramono dalam debat bernegara di Ballroom Hotel Novotel, Balikpapan, Sabtu, (22/2).

Jika memenangkan kursi RI satu, Pramono  akan membangun perbatasan sesuai dengan potensi yang ada. "Jadikan putra daerah bagian pembangunan wilayah perbatasan, jangan habiskan sumber kekayaan, ingat anak cucu semua," katanya.

Pemimpin, terang Pramono, harus turun ke depan melihat dan merasakan perbatasan agar  dapat mengambil keputusan yang tepat.Terkait kontrak kerja pengeboran minyak di Kalimantan yang banyak dikuasai asing, Pramono  mengatakan, Indonesia harus siap mengambil peran penting melaksanakan pengeboran eksplorasi sumber daya alam tersebut.

"Kalau bisa dijalankan sendiri, mengapa  kenapa harus panggil perusahaaan asing. Saya dukung putra dan perusahaan daerah dan nasional untuk siap menjalankan fungsi penting ini demi kesejahteraan bangsa,"kata Pramono. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement