Jumat 21 Feb 2014 22:32 WIB

Negarawan Center Akan Berikan Penghargaan Kepada Pemimpin

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga swadaya masyarakat Negarawan Center akan memberikan penghargaan Anugerah Negarawan kepada para pemimpin bangsa Indonesia.

"Penghargaan akan diberikan kepada Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang pada masa kepemimpinannya telah membuktikan karya nyata monumental dan abadi atau legacy kepada bangsa dan negara," kata Presiden Negarawan Center, Johan O Silalahi, di Jakarta, Jumat.

Johan menjelaskan, Anugerah Negarawan sedang diverifikasi oleh tim panel yang melibatkan para tokoh nasional, pengamat dan akademisi, sebelum diserahkan kepada para pemimpin bangsa penerima penghargaan.

Menurut Johan, misi Anugerah Negawaran ini adalah untuk membangkitkan kesadaran, mengingatkan dan memberikan dukungan moral kepada para calon presiden dan calon wakil presiden.

"Melalui penghargaan ini, agar calon presiden dan calon wakil presiden memiliki kesadaran bahwa tugas, tanggung jawab, dan amanah sebagai pemimpin utama bangsa dan negara itu sejatinya adalah memberikan karya nyata yang monumental dan abadi kepada bangsa dan negara," katanya.

Ia menambahkan, ada beberapa pemimpin utama bangsa Indonesia yang direncanakan akan mendapatkan Anugerah Negarawan.

Mereka adalah, pertama, Presiden Soekarno, yang akan mendapatkan Anugerah Negarawan sebagai tokoh pendiri dan pemersatu bangsa, proklamator kemerdekaan, dan bapak ideologi bangsa Indonesia.

Kedua, Presiden Soeharto sebagai bapak pembangunan Indonesia, karena telah memodernisasi dan melakukan pembangunan fisik di Indonesia.

Ketiga, Presiden BJ Habibie, sebagai negarawan yang membangun kesadaran akan inovasi dan teknologi bangsa Indonesia, mencerdaskan bangsa dengan program beasiswa bidang iptek, mewujudkan demokrasi yang seutuhnya di Indonesia.

Keempat, Presiden KH Abdurachman Wachid, sebagai tokoh yang sangat konsisten dan teguh dalam memberikan perlindungan dan kesamaan hak kepada kaum minoritas di Indonesia, serta memberikan keteladanan dalam menjaga pluralisme di Indonesia.

Kelima, Presiden Megawati Soekarnoputri sebagai pemimpin bangsa yang sangat kokoh dalam mengawal ideologi Pancasila, pemimpin yang sangat teguh pendiriannya dalam menjaga keutuhan NKRI.

Sedangkan Wakil Presiden Republik Indonesia yang mendapatkan Anugerah Negarawan adalah, Mohammad Hatta, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Try Sutrisno, dan M Jusuf Kalla.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement