Rabu 19 Feb 2014 14:59 WIB

Produksi Ayam di Lampung Melimpah

Rep: mursalin yasland/ Red: Muhammad Hafil
Ayam potong
Ayam potong

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Produksi peternakan ayam di wilayah Lampung, selalu melimpah sejak beberapa tahun terakhir. Sedangkan kebutuhan ayam di provinsi ini masih tinggi mencapai dua juta per tahun.

"Daerah ini selalu membawa ayamnya keluar Lampung. Sedangkan peternak ayam luar Lampung, dari Jawa misalnya, tidak mau masuk Lampung, karena harganya rendah," kata Ketua Umum Perhimpunan Industri Ayam Ras Lampung, Agus Wahyudi di Bandar Lampung, Rabu (19/2).

Ia mengatakan peternakan ayam di Lampung memiliki berbagai fasilitas yang menunjang sektor perunggasan sangat memadai. Selain itu, pelaku usahanya dari skala nasional sampai internasional.

Tingginya produksi, menurut dia, didukung juga, daerah ini sentra jagung nasional, sehingga dapat menjadi daya tarik perusahaan pakan (feedmill) untuk membuka pabriknya di Lampung. Saat ini di Lampung, sudah ada empat perusahaan feedmill yaitu PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Charoen Pokhpand Indonesia, PT CJ Feed Indonesia dan PT Centraprofit.

Selai itu, terdapat perusahaan yang mempunyai breeding farm (pembibitan ayam) yang berdiri di Lampung yaitu PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Charoen Pokhpand Indonesia, PT CJ Feed Indonesia dan PT Malindo Feedmill. Untuk itulah, Lampung berpotensi menjadi sentra produksi perunggasan. n mursalin yasland

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement