Rabu 19 Feb 2014 09:07 WIB

Pemprov DKI Siapkan Rp 4,5 Miliar untuk Operasikan Bus Tingkat

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
 Bus tingkat melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (16/1).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Bus tingkat melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 4,5 miliar untuk mengoperasikan lima unit bus tingkat pariwisata tahun ini. Menurut dia, anggaran tersebut sudah termasuk untuk perawatan bus dan gaji karyawan.

"Bus ini kan gratis, jadi biaya operasionalnya semua dari kita," ucap dia kepada wartawan, Rabu (19/2).

Arie mengatakan, dalam satu hari bus City Tour ini bisa mengangkut 3.000 penumpang. Bus akan mengantar turis mengunjungi tempat-tempat wisata di Ibu Kota secara gratis. Dengan adanya bus tingkat yang akan mulai beroperasi mulai Senin mendatang ini, kata Arie, jumlah wisatawan DKI ditargetkan bakal meningkat.

Menurut Arie, kehadiran lima unit bus tingkat ini memang belum cukup untuk bisa mengakomodasi seluruh turis. Karenanya, kata dia, tahun ini Dinas Pariwisata akan kembali membeli 20 unit bus tingkat lagi.

Kemarin (Selasa, 18/2) sore, Dinas Pariwisata telah melakukan uji coba pengoperasian lima unit bus tingkat. Bus seharga Rp 3 miliar itu melintasi rute yang akan dilewati, yakni Jalan Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat, Harmoni, Jalan Juanda, Jalan Veteran 3, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement