Selasa 18 Feb 2014 23:48 WIB

Di Kediri, Waspadai Lahar Dingin Kelud di Enam Sungai

Rep: Nur Aini/ Red: Didi Purwadi
Aliran lahar dingin di Sungai Konto, Kandangan, Pare, Kediri, Jawa Timur. Selasa (18/2).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Aliran lahar dingin di Sungai Konto, Kandangan, Pare, Kediri, Jawa Timur. Selasa (18/2).

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Lahar dingin Gunung Kelud telah turun melalui Sungai Konto di wilayah Kabupaten Kediri pada Selasa (18/2). Ada enam sungai di Kabupaten Kediri yang berhulu di Gunung Kelud yang berpotensi mengalirkan lahar dingin.

Data dari Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kabupaten Kediri mencatat sungai yang berhulu di Gedung Kelud yakni Sungai Lahar Gedog, Sungai Petung Kobong, Sungai Sumber Agung, Sungai Lahar Pulo, Sungai Lahar Lestari, dan Sungai Konto.

Aliran Sungai Lahar Godog melalui 15 wilayah yakni antaralain Sempu, Manggis, Sumbersari, Bedali, Sidorejo, Batuaji,Deyeng, Dawung, dan Selodono. Daerah Aliran Sungai (DAS) Lahar Godog juga mencapai Susuhbango, Nambaan, Jagalan, Krandang, Kanigoro, dan Tales.

Sungai Petung Kobong mengalir melalui tujuh wilayah yakni Sumberpetung, Sumberurip, Tempurejo, Duwet, Selosari, Tegalan, dan Branggahan. Sementara, DAS Sumber Agung melewati 18 wilayah antaralain Margomulyo, Petungombo, Plosoklaten, Jarak, Kalasan, Plosokidul, Brenggolo, Bangkok, Klanderan, Besuk, Gurah, Babadan, dan Wonosari. Wilayah DAS Sumber Agung lainnya yakni Bulupasar, Ngasem, Kranggan, Sambiresik, dan Gampeng.

Sementara itu, sungai Lahar Pulo memiliki DAS yang terbagi dua aliran sebelah selatan dan utara. Di sebelah selatan, DAS Lahar Pulo melewati 19 wilayah antaralain Wonorejo Trisulo, Karangnongko, Pranggang Plosorejo, Sumberagung, dan Tiru Kidul.  Aliran Lahar Pulo sebelah utara antaralain Sidomukti, Sidomulyo, Sidorejo, Nambakan, Sambirejo, Adan-adan, Sambirobyong, Mukuh, Kayen Kidul, dan Pehwetan.

Sungai Lahar Lestari melewati 13 wilayah antaralain Damarwulan, Puncu, Sumbersuko, Asmorobangun, Wonorejo lestari, Kepung, Gadungan, Gedangsewu, Pelem, Bendo, Jambu, Padangan, dan Semambung.

Sementara Sungai Konto mengalir di 14 wilayah yakni Siman, Brumbung, Damarwulan, Klampisan, Badas, Blaru, Wonorejo, Juwet, Pare lor, Pakis, Bogo Lor, Kempleng, Dawuhan, dan Mojokambang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement