Ahad 16 Feb 2014 19:23 WIB

Kelud Meletus, Permintaan Tiket KA Naik

Rep: lilis/ Red: Damanhuri Zuhri
Kereta Api/Ilustrasi
Foto: Republika
Kereta Api/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Letusan Gunung Kelud yang membuat sejumlah bandara di Pulau Jawa ditutup, membuat para penumpang beralih ke kereta api. Seluruh tiket perjalanan kereta tujuan Jakarta ke Jawa maupun sebaliknya, habis terjual.

Adapun kereta yang mengalami kehabisan tiket itu, di antaranya KA Taksaka tujuan Jakarta–Yogyakarta, KA Bima tujuan Jakarta– Yogyakarta dan KA Argo Lawu tujuan Jakarta–Solo. Selain itu, KA Anggrek tujuan Jakarta–Surabaya dan KA Gajayana tujuan Jakarta–Malang.

‘’Sebenarnya setiap Jumat–Ahad, jumlah penumpang kereta selalu 100 persen. (Dengan adanya letusan gunung Kelud), permintaan tiket meningkat,’’ ujar Manajer Humas PT KA Daop III Cirebon, Suprapto, Ahad (16/2).

Namun, lanjut Suprapto, kapasitas kereta dibatasi tidak boleh lebih dari 100 persen. Akibatnya, banyak calon penumpang yang tidak mendapatkan tiket.

Misalnya, untuk pemberangkatan kereta dari Surabaya–Yogyakarta menuju Jakarta pada Ahad (16/2) habis terjual sejak Jumat (14/2). Begitu pula sebaliknya.

Secara keseluruhan, lanjut Suprapto, kereta-kereta yang beroperasi saat akhir pekan, berjalan sesuai dengan formasinya.

Namun, ada beberapa kereta api yang ditambah satu gerbong, diantaranya KA Gajayana (Malang-Jakarta) ditambah satu gerbong kereta kelas eksekutif.

Selain itu, KA Bangunkarta (Surabaya-Jakarta) ditambah satu gerbong kereta eksekutif, dan KA Turangga (Bandung - Surabaya) ditambah satu gerbong kereta eksekutif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement