Jumat 14 Feb 2014 16:28 WIB

Kawasan Wisata Pangandaran Tertutup Abu Kelud

Pantai Parangtritis (ilustrasi)
Foto: nexttriptourism.com
Pantai Parangtritis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN- Objek wisata Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat pagi, dihujani abu letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur. Petugas Bala Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pantai Pangandaran, Asep Udel, di Pangandaran, Jumat, mengatakan hujan abu tersebut cukup tebal menyelimuti kawasan wisata.

"Ketahuan datang abu dari tadi pagi, abunya cukup tebal," kata Asep di Pangandaran, Jumat (14/2).

Ia menuturkan abu berwarna putih itu bertebaran tertiup angin di sekitar pantai dan menempel pada kendaraan sepeda motor, mobil serta atap bangunan. Terkait hujan abu tersebut mengancam keselamatan wisatawan yang berenang di laut, kata Asep, tidak mengganggu, wisatawan diperbolehkan melakukan aktivitas di pantai atau berenang. "Tidak ada larangan bagi wisatawan untuk berenang, meskipun ada abu," kata Asep.

Sementara itu, hujan abu letusan Gunung Kelud bukan hanya melanda kawasan wisata Pantai Pangandaran, melainkan hampir seluruh pantai selatan Jawa Barat dan wilayah kota/kabupaten se-Priangan Timur.

Informasi yang dihimpun hujan abu melanda daerah Kota/Kabupaten Banjar, Tasikmalaya, dan Garut dengan ketebalan abu variatif. Aktivitas Gunung Kelud di Kediri itu meningkat, kemudian terjadi letusan Kamis (13/2) mulai pukul 22.56 WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement