Jumat 14 Feb 2014 10:41 WIB

Lion Batalkan Sejumlah Penerbangan Batam-Pulau Jawa

Gunung Kelud
Foto: AP
Gunung Kelud

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Maskapai Lion Air membatalkan penerbangan dari Batam ke sejumlah kota di Pulau Jawa yakni Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang akibat gangguan abu vulkanik letusan Gunung Kelud di Jawa Timur yang terjadi Kamis (13/2) malam.

"Hari ini tidak terbang. Kami diarahkan untuk ganti jadwal untuk hari Sabtu," kata calon penumpang Lion Air tujuan Yogyakarta di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Yusron, Jumat (14/2).

Berdasarkan informasi dari maskapai, kata dia, bandara Adi Sucipto Yogyakarta tutup akibat diselimuti kabut asap.

"Katanya ada peringatan larangan terbang karena abu vulkanik membuat jarak pandang terbatas," kata dia.

Ia mengatakan, sebelumnya telah membeli tiket ke Yogyarakata berdasarkan jadwal akan berangkat pukul 09.40 WIB.

"Ya, mau ngak mau kami terbang besok saja. Ini alam, jadi ngak ada yang bisa disalahkan," kata dia.

Penumpang lain, Martono yang hendak pulang ke Yogyakarta memilih terbang melalui Jakarta dan melanjutkan dengan kereta.

"Mau bagaimana lagi, saya milih terbang dari Batam ke Jakarta saja. Dari Jakarta ke Yogyarakta bisa naik kereta," kata dia.

Ia mengatakan, maskapai memberikan pilihan penukaran tiket untuk jalur lain tanpa diada tambahan biaya. "Nggak ada tambahan biaya, tikat ditukar. Harganya nggak dihitung lagi," kata dia.

Hingga saat ini pihak Lion Air belum bisa dikonfirmasi. Sementara anteran penukaran tiket di Bandara Internasional Hang Nadim masih padat. Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan ada peringatan larangan penerbangan ke tiga wilayah tersebut karena masih tertutup abu vulkanik.

"Penerbangan ke tiga wilayah tersebut untuk hari ini dibatalkan. Kami masih menunggu konfirmasi dari bandara terkait sebelum terbang," kata Direktur Pelayanan Terpadu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho.

Bandara Internasional Hang Nadim merupakan bandara yang dikelola oleh BP Batam dan Kementerian Perhubungan. Bukan oleh PT Angkasa Pura layaknya bandara-bandara lain. Bardasarkan jadwal, Lion Air seharusnya melayani penerbangan Batam ke Surabaya pukul 09.00 WIB, 13.45 WIB (via Banfung), 14.55 WIB.

Sementara tujuan Yogyakarta seharusnya terberangkat pukul 09.40 WIB dan 15.00 WIB. Untuk tujuan Semarang jadwal penerbangannya pukul 09.45 WIB.

Hingga saat ini pesawat dari Yogyakarta yang sedianya mendarat pukul 09.00 WIB juga belum tiba di Batam, sementara dari Surabaya yang seharunya tiba pukul 10.15 WIB juga belum mendarat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement