Kamis 13 Feb 2014 08:15 WIB

Ingin Dapat Adipura, Terminal Martapura Bersih-Bersih

Sungai Martapura, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Foto: kabarbanjarmasin.com
Sungai Martapura, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA -- Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mengembalikan wajah terminal di Kota Martapura ibukota kabupaten tersebut ke wajah semula.

Setelah melakukan pembenahan di berbagai wilayah di Kabupaten Banjar, kali ini giliran Kota Martapura yang mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah untuk melakukan pembenahan pada wajah kota, antaranya mengembalikan wajah terminal, kata Kepala Dishubkominfo Banjar H M Aidil Basith di Martapura, Kamis.

Hal tersebut bertujuan agar kota Martapura, khususnya Kabupaten Banjar dapat memenuhi kriteria dalam penilaian supremasi tertinggi dalam bidang kebersihan yaitu anugerah Adipura.

Pada kesempatan kali ini Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dishubkominfo Kabupaten Banjar melakukan pembersihan di terminal Kota Martapura yang selama ini hampir-hampir kehilangan identitasnya sebagai sebuah terminal kota.

Selama ini Terminal Kota Martapura tersebut dipenuhi oleh warung-warung yang berdiri dan memenuhi terminal tersebut, sehingga fungsi terminal sendiripun tidak dapat berjalan seperti semestinya.

Maka dari itu Dishubkominfo ingin mengembalikan wajah terminal Kota Martapura seperti semula dengan cara melakukan pembersihan warung-warung yang berada didalam terminal tersebut.

Aidil Basith yang turun langsung dalam operasi pembersihan terminal Martapura kota dan mengatakan pihaknya melakukan pertemuan dengan para pedagang dan pihaknya pun telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang di sekitar terminal agar dapat memahami dampak positif terhadap tindakan yang diambil oleh Pemerintah ini.

Hal ini juga untuk memenuhi tuntutan demo para sopir angkutan umum yang meminta agar dikembalikannya fungsi terminal sesuai dengan fungsinya ke DPRD Kabupaten Banjar beberapa waktu yang lalu.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya tidak akan melarang para pedagang untuk melakukan kegiatan berjualan di sekitar terminal, setelah selesainya proses pembersihan terminal dan dikembalikannya fungsi terminal seperti sediakala maka para pedagang akan kembali diperbolehkan untuk berjualan di sekitar terminal, namun dengan letak dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga tidak lagi mengganggu atau dapat menghambat kelancaran terminal yang akan berjalan nantinya.

Dia juga mengharapkan semoga dengan kegiatan pembersihan dan pemulihan wajah terminal kali ini agar dapat memberikan dampak yang cukup besar pada penilaian Piala Adipura, sehingga nanti kita dapat kembali meraih penghargaan tertinggi bidang kebersihan Kota tersebut seperti yang telah kita raih pada tahun-tahun yang lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement