Selasa 11 Feb 2014 16:10 WIB

PKS: Intensifkan Sosialiasi Program Pemerintah ke Masyarakat

Humas DPP PKS Dedi Supriadi
Foto: Republika/Fian Fiaraatmaja
Humas DPP PKS Dedi Supriadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap program pemerintah termasuk permasalahannya sebaiknya dikomunikasikan secara intensif dengan masyarakatnya. Menurut Humas DPP PKS, Dedi Supriadi, langkah itu dinilainya sangat tepat untuk memacu adanya partisipasi dari masyarakat dalam pembangunan.

 

"Pemerintah maupun legislatif hendaknya jangan selalu menggunakan pendekatan infrastruktur, tapi juga pendekatan budaya serta kemampuan masyarakatnya," tegas Dedi kepada ROL di Jakarta, baru-baru ini.

Untu mengukur kemampuan masyarakat di sebuat daerah, katanya, perlu diriset lebih mendalam. Sehingga bila ada rencana program tertentu, masyarakat tidak dirugikan. Malah sebaliknya mendukung prgram dimaksud karena transparansi program sudah berjalan.

Dedi mencontohkan, rencana pembangunan rumah susun di permukiman padat penduduk. Tentu saja, persoalan pembebasan lahan, prioritas siapa saja calon penghuni rumah susun dan lainnya memerlukan waktu dan edukasi kepada masyarakat.

"Pemerintah jangan berpikir proyek apa saja yang akan ada, tetapi bagaimana mengubah budaya masyarakat agar lebih tertib atau mendukung pemerintah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement