Senin 10 Feb 2014 06:48 WIB

Perbaikan Jalan Polewali Mandar-Mamasa Telan Rp 150 Miliar

 Kendaraan melintasi jalan rusak dan berdebu di jalur pantura, Jalan Raya Comohong, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (3/8).  (Republika/Yasin Habibi)
Kendaraan melintasi jalan rusak dan berdebu di jalur pantura, Jalan Raya Comohong, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (3/8). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh mengatakan bahwa anggaran pada 2014 untuk perbaikan jalan dari Kabupaten Polewali Mandar menuju Mamasa mencapai Rp150 miliar.

"Perbaikan jalan menuju Kabupaten Mamasa dari Kabupaten Polewali Mandar dianggarkan pada tahun 2014 sebesar Rp150 miliar," katanya di Mamuju, kemarin.

Ia mengatakan jalan poros antara Kabupaten Polewali Mandar menuju Kabupaten Mamasa itu, selalu rusak karena kondisi alam.

"Jalan menuju Mamasa, dibangun di sekitar tanah pegunungan yang labil sehingga jalan yang dibangun pemerintah menuju daerah itu selalu saja rusak," katanya.

Ia menjelaskan kerusakan jalan menuju Mamasa bukan karena pemerintah tidak pernah peduli membangun jalan menuju daerah itu.

"Pemerintah justru selalu memperbaiki jalan menuju daerah itu," katanya.

Menurutnya, pemerintah menganggarkan miliaran rupiah untuk membangun jalan menuju Kabupaten Mamasa yang jaraknya sekitar 300 kilometer di atas pegunungan, dari Mamuju Ibu Kota Provinsi Sulbar. "Namun, meski setiap tahun diperbaiki, jalan Mamasa selalu saja dirusak alam, seperti longsor saat musim hujan terjadi," katanya.

Ia menjelaskan agar jalan Mamasa tidak dirusak alam, butuh desain khusus untuk membangun jalan itu. Jika kondisi jalan di poros tersebut tidak cepat rusak, katanya, anggaran pemerintah untuk membangun jalan menuju Mamasa, dapat digunakan efektif dan tidak habis percuma karena kondisi alam yang merusaknya.

"Pemerintah pusat bersedia mengalokasikan anggaran APBN untuk perbaikan jalan menuju Mamasa, dan semoga anggaran itu dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya," katanya.

Ia mengatakan butuh desain khusus dari pemerintah dengan menyesuaikan kondisi alam pegunungan Mamasa, dalam membangun jalan agar jalan yang dibangun tidak cepat rusak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement