Sabtu 08 Feb 2014 15:03 WIB

Hari ini Gunung Sinabung Tampak Tenang

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Hazliansyah
   Sebuah patung diselimuti abu vulkanik Gunung Sinabung di Desa Mardinding, Karo, Sumut, Selasa (4/2).     (Antara/Wahyu Putro)
Sebuah patung diselimuti abu vulkanik Gunung Sinabung di Desa Mardinding, Karo, Sumut, Selasa (4/2). (Antara/Wahyu Putro)

REPUBLIKA.CO.ID, KARO. SUMATERA UTARA -- Aktivitas vulkanologi Gunung Sinabung, di Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut) hari ini Sabtu (8/2) tidak terlalu berarti. Deleng Sinabung, demikian warga setempat menyebut gunung ini, hingga sabtu sore tampak tenang.

 

Data dari tim pemantau aktivitas Sinabung, diketahui tidak ada erupsi hingga pukul 13.00 WIB. Berbeda dengan Jumat kemarin dimana satu erupsi besar terjadi hingga menyapu wilayah selatan Sinabung.

 

Cuaca di gunung Sinabung dan sekitaranya tampak berawan dengan angin perlahan menuju ke Timur. Disebutkan pula suhu udara sekitar 18-19 celcius. Meski tampak tenang di luar, Gunung Sinabung ternyata aktif di dalam.

 

Masih dari data tim Vulkanologi, di perut Sinabung ada satu kali aktivitas tektonik dan 21 kali guguran lava. Artinya, lahar di Gunung Sinabung sedang bergejolak dan bisa saja keluar melalu kawahnya. Gempa tremor juga terus terjadi sejak pukul 12 malam kemarin.

 

Pantauan Republika, Sabtu (8/2) siang, gunung yang berada di barat laut posko utama pemantauan dan bantuan di Kecamatan Kabanjahe itu tampak tenang. Awan putih memayungi gunung tersebut, berbeda dengan hari kemarin dimana ada erupsi yang menghasilkan awan panas bahkan puting beliung di sekitar gunung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement