Jumat 07 Feb 2014 17:38 WIB

Warga Jadikan Sawah Terendam Area Mancing

Sawah dilanda banjir
Foto: antara
Sawah dilanda banjir

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sejumlah warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ramai-ramai mencari ikan dengan cara memancing di persawahan Kecamatan Telukjambe Barat yang masih terendam banjir, Jumat.

"Setelah banjir, banyak ikan yang keluar dari tambak. Lumayan hasil memancing di areal sawah yang terendam banjir," kata salah seorang pemancing, Endang, di Karawang

Di persawahan itu, puluhan warga dari beberapa kecamatan terdiri atas lelaki tua, dewasa, kanak-kanak dan ibu-ibu mencari ikan, bahkan ada beberapa yang menggunakan lebih dari tiga pancingan.

Meski banjir yang merendam pemukiman warga sudah mulai surut, tetapi masih merendam areal sawah. Areal sawah yang masih terendam antara lain di Kecamatan Telukjambe Barat, Kecamatan Karawang Barat, dan Cilamaya Kulon.

Bupati Karawang Ade Swara, Rabu, mengatakan banjir di daerahnya diakibatkan kerusakan lingkungan, khususnya di wilayah sekitar hulu dan daerah aliran Sungai Citarum.

"Antisipasi bencana alam banjir yang rutin terjadi setiap tahun di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mutlak harus dilakukan secara bersama-sama," katanya.

Ia mengatakan antisipasi bencana banjir merupakan hal yang mutlak kita lakukan bersama.Hal tersebut dinilai penting, karena meluapnya Sungai Citarum tidak hanya menyebabkan banjir di pemukiman bantaran sungai, melainkan juga telah meluas ke wilayah yang selama ini tidak terkena banjir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement