Rabu 29 Jan 2014 22:02 WIB

Riau Peringkat 10 Penduduk Terbanyak Indonesia

Landmark Pekanbaru, Riau
Foto: ANTARA/FB Anggoro
Landmark Pekanbaru, Riau

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Provinsi Riau kini berada pada posisi ke-10 sebagai provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia akibat laju pertumbuhan penduduk yang tinggi.

"Berdasarkan hasil Sensus Penduduk (SP) 2010 menunjukkan jumlah penduduk Provinsi Riau 5.538.367 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk 3,59 persen," kata penjabat Gubernur Riau Johermansyah Johan diwakili Asisten Administrasi Pemprov Riau Hardy AK, ketika membuka seminar grand design pembangunan penduduk Provinsi Riau tahun 2010-2035, di Pekanbaru, Rabu (29/1).

Menurut dia, dengan jumlah penduduk yang banyak tersebut telah membawa Riau sebagai provinsi dengan posisi ke-empat di Sumatera.

Ia mengatakan, salah satu penyebab tingginya laju pertumbuhan penduduk Provinsi Riau adalah selain migrasi juga tingginya angka kelahiran yang salah satu indikatornya adalah Total fertility Rate (TFR).

"Berdasarkan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI, 2012) TFR Provinsi Riau 2,9 anak per wanita usia subur," katanya dan menambahkan bahwa angka ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil SDKI tahun 2007 yaitu 2,7 anak perwanita usia subur.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement