Ahad 26 Jan 2014 14:37 WIB

Ujicoba Pedestrian di Malioboro

Rep: Yulianingsih/ Red: Hazliansyah
 Kawasan Malioboro Yogyakarta
Foto: Antara/Noveradika
Kawasan Malioboro Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta untuk menjadikan wilayah Malioboro sebagai areal pejalan kaki (pedestrian) secara bertahap terus diwujudkan. Kali ini, setiap Ahad pagi, kawasan perbelanjaan di Yogyakarta tersebut sudah dijadikan pedestrian.

Setiap Ahad pagi pukul 06.00 hingga 10.00 WIB kawasan Malioboro bebas dari kendaraan bermotor terutama di ruas Jalan Margomulyo. Hanya pejalan kaki yang boleh masuk Malioboro

“Jadi car free day ini awal dari pedestrian. Semi pedestrian dulu karena belum satu jalan penuh,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti di sela uji coba semi pedestrian Ahad (26/1).

Selain untuk uji coba Malioboro menuju kawasan pejalan kaki, masyarakat dapat memanfaatkan area tersebut untuk kegiatan olahraga. Menurutnya,  penyediaan konsep car free day tersebut bukan milik komunitas tertentu.  

“Ini juga untuk menciptakan sudut kota yang sehat. Masyarakat bisa jalan-jalan dan olahraga. Termasuk mendorong kawasan yang bersih di Titik Nol,” katanya.

Selama penerapan program tersebut dari Kawasan Ngejaman sampai perempatan Titik Nol, kendaraan bermotor dilarang melintas. Arus lalu lintas dari utara dialihkan ke Jalan Pabringan dan Rongsobayan. Rambu arah pengalihan dan polisi lalu lintas sudah ditempat di jalan itu. Sejumlah komunitas seperti pencak silat turut memeriahkan car free day itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement