Sabtu 25 Jan 2014 15:43 WIB

Wali Kota Yogya Donorkan Kornea Matanya

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Joko Sadewo
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.
Foto: Antara/Regina Safri
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

REPUBLIKA.CO.ID, -- JAKARTA -- Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berniat mendonorkan kornea matanya setelah meninggal dunia. ''Bismillah, saya meniatkan diri  mendonorkan kornea saya untuk masyarakat. Kalau bisa khususnya masyarakat Yogyakarta yang saya cintai,''kata Haryadi yang melafazkan niatnya untuk menjadi calon donor mata di sela-sela acara Seminar Gerakan Jogja Bebas Buta Kornea, di Ballroom Balai Kota Yogyakarta, Sabtu (26/1).

 

Sebelum berniat untuk mendonorkan kornea matanya, Ia mengaku sudah berkonsultasi dulu tentang donor mata dari sisi agama  dan kesehatan.''Harapan saya  sebagai donor mata  dari sisi agama //clear// dan dari medis kesehatatan masyarakat faham,''kata dia

 

Menurut dia, dari ajaran agama yang dia yakini itu sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat dan salah satunya adalah bisa menjadi donor kornea.  ''Ini sebagai wujud  rasa syukur  bahwa saya masih diberi kesempatan sampai hari ini bisa melihat, bisa berinteraksi secara nyata dengan dunia,''ungkapnya.

 

Di 2014 ini Haryadi berusia 50 tahun. Karena itu dia mengatakan sebagai kado  di usianya yang ke-50 tahun, secara ikhlas berniat menjadi calon donor kornea mata. Tentu saja dia baru  bisa mendonorkan korneanya kelak bila sudah meninggal. Karena kornea hanya bisa didonorkan apabila seseorang sudah meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement