Sabtu 25 Jan 2014 05:03 WIB

Tingkat Kelulusan Siswa Madrasah Semakin Meningkat

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dewi Mardiani
Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong Tangerang, Banten.
Foto: wordpress.com
Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) memperkirakan tingkat kelulusan siswa madrasah aliyah pada 2014 ini akan meningkat mendekati 100 persen. Ini terlihat dari capaian persentase kelulusan siswa madrasah aliyah di seluruh Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kasubid Kurikulum dan Evaluasi Madrasah Kemenag, Kidup Supriadi mengungkapkan hingga 2013 lalu persentase kelulusan siswa madrasah aliyah seluruh Indonesia mencapai 99 persen. "Persentase ini meningkat dari 2012 lalu 98 persen," ujarnya, kemarin.

Semakin tingginya tingkat kelulusan siswa madrasah aliyah ini, ujar Kidup, sesuai dengan keinginan Direktorat Madrasah Kemenag yang menargetkan 100 persen kelulusan. Namun demikian ia mengakui perlu upaya yang lebih besar untuk meningkatkan angka kelulusan bagi madrasah aliyah yang berstatus swasta.

Karena selama ini, kata dia, persentase kelulusan tertinggi masih disumbang dari madrasah aliyah negeri. Sedangkan untuk madrasah aliyah swasta persentase kelulusan masih dibawah swasta. Ini terlihat dari salah satu program IPA di madrasah aliyah swasta dimana persentase kelulusan 69,43 persen.

"Ini juga terjadi pada klasifikasi capaian nilai UN yang masih tinggi madrasah aliyah negeri dibandingkan swasta," ujarnya. Dari hasil klasifikasi yang dikumpulkan Kemenag, beberapa nilai UN madrasah aliyah dari berbagai program seperti IPA, IPS, Keagamaan dan Bahasa, rata-rata mendapatkan A dan B. Sedangkan madrasah aliyah swasta rata-rata mendapatkan B dan C, bahkan beberapa masuk kualifikasi D.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement