Jumat 24 Jan 2014 16:24 WIB

'Butuh Waktu Lama Tuntaskan Banjir Jakarta'

Banjir merendam sejumlah makam di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (23/1).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Banjir merendam sejumlah makam di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (23/1). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat perkotaan Yayat Supriyatna menilai penanggulangan banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya harus secara komprehensif dilakukan. Menurutnya, penanganan bencana tersebut tidak bisa hanya dalam waktu satu tahun.

"Menanggulangi banjir di Jakarta, tidak cukup hanya diatasi secara elementer, tapi harus secara komprehensif dan membutuhkan waktu lama," kata Yayat Supriyatna ketika dihubungi melalui telepon genggamnya di Jakarta, Jumat (24/1).

Menurutnya, penanggulangan banjir di Jakarta secara komprehensif, perlu ada pentahapan mulai dari jangka pendek, menengah, dan jangka panjang."Mengatasi banjir di Jakarta, tidak bisa hanya jangka pendek," katanya.

Staf pengajar Universitas Trisakti Jakarta ini menyatakan, mengatasi persoalan banjir tidak sesederhana yang dibayangkan banyak orang.

Persoalan banjir, kata dia, bukan hanya aliran karena sungai yang mengecil dan mendangkal, tetapi juga banyak faktor lainnya termasuk perilaku sosial masyarakat dalam menjaga kebersihan dan lingkungan hijau di bantaran kali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement