Jumat 24 Jan 2014 09:37 WIB

‎​Gita: Sosok Kiai Sahal Sangat Otentik

KH Muhammad Achmad Sahal Mahfudz
Foto: dok. Republika/Agung Fatma
KH Muhammad Achmad Sahal Mahfudz

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Meninggalnya ulama kharismatik KH Sahal Mahfudz pada Jumat (24/1)  dini hari merupakan kehilangan besar buat bangsa Indonesia. 

"Saya sangat berduka. Beliau adalah salah satu ulama besar yang sangat saya kagumi, banyak pikiran-pikiran almarhum yang membantu pemecahan masalah-masalah sosial. Kiprah keulamaan Kiai Sahal sangat otentik dan orientasi pemikirannya sangat inklusif. Ini sangat relevan dengan tujuan demokrasi kita, tidak boleh ada yang tertinggal," ungkap Ketua Umum DPP Barindo, Gita Wirjawan.

Dalam pandangannya, kepeloporan Kiai Sahal dalam bidang sosial-keagamaan merupakan kontribusi besarnya dalam mengurai problematika masyarakat Muslim kontemporer. 

"Warisan pemikiran-pemikiran almarhum sangat mencerahkan dan juga menyejukkan. Kita butuh puluhan, ratusan bahkan ribuan ulama penerus yang mengikuti jejaknya", tutur peserta konvensi calon presiden ini. 

Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal DPP Barindo Fajar Riza Ul Haq menyatakan hal senada. "Atas nama keluarga besar Barindo, kami ucapkan bela sungkawa atas kepergian Kiai Sahal. Salah satu sumbangan terbesarnya adalah kepeloporan dalam bidang Fikih Sosial yang dijiwai prinsip-prinsip kemaslahatan dan inklusivitas. Almarhum berhasil mewakili ekspresi keislaman yang sejuk dan solutif," ujar Fajar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement