Rabu 22 Jan 2014 17:58 WIB

DKI Jakarta Berencana Perbanyak Waduk

  Kondisi Waduk Melati, Jakarta Pusat yang tampak dangkal terendap oleh lumpur dan sampah, Jumat (15/11).  (Republika/Yasin Habibi)
Kondisi Waduk Melati, Jakarta Pusat yang tampak dangkal terendap oleh lumpur dan sampah, Jumat (15/11). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun banyak waduk di wilayah ibu kota sebagai salah satu upaya mengatasi permasalahan banjir.

"Kita punya konsep baru untuk mengurangi banjir di Jakarta, yaitu dengan cara membangun banyak waduk. Jadi, waduk-waduk itu fungsinya semacam baskom penampung air," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (22/1).

Menurut dia, waduk-waduk yang akan dibangun itu di antaranya berlokasi di wilayah Jakarta Utara, yaitu di Kali Tunjungan seluas 90 hektar, di kawasan Pantai Indah Kapuk seluas 30 hektar dan di kawasan Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing seluas 50 hektar.

"Selain itu, masih ada juga lahan hijau di kawasan Halim Perdanakusuma serta di perbatasan antara Jakarta dan Tangerang. Dua lokasi itu masih kita kaji lagi, bisa kita jadikan waduk atau tidak," ujar Basuki.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement