Sabtu 18 Jan 2014 16:50 WIB

Korban Banjir Butuh Air Bersih dan Kakus

Rep: Indah Wulandari/ Red: Karta Raharja Ucu
  Warga duduk di pinggir jalan saat banjir melanda perumahan Ciledug indah 1, Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis (16/1).    (Republika/Yasin Habibi)
Warga duduk di pinggir jalan saat banjir melanda perumahan Ciledug indah 1, Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis (16/1). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air bersih adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan para korban banjir. Sebab, masalah kesehatan acap kali diabaikan para korban banjir yang berdampak pada munculnya berbagai macam penyakit.

Menurut dokter dari PT Jamsostek, dr Ari Yusnita, selain air bersin, makanan dan kondisi lingkungan pengungsian juga perlu diperhatikan.

Kemudian kakus yang memadai juga diperlukan. Jadi, kata Ari, pengungsi tidak buang hajat sembarangan yang nantinya akan mengotori lingkungan.

“Yang penting adalah air dan makanan yang bersih, karena bakteri penyakit yang ada dalam air kotor akan mudah masuk ke tubuh sehingga penyakit tak terhidarkan, apalagi saat ada luka terbuka di kaki," ucapnya di Jakarta, Sabtu (18/1).

Alumnus Universitas Hang Tuah, Surabaya ini melanjutkan, "Kemudian lingkungan pengungsian yang kering dan nyaman juga penting."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement