Kamis 16 Jan 2014 21:35 WIB

Jokowi Bakal Bangun Rusun di Rawa Buaya

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Djibril Muhammad
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengunjungi Posko Banjir di gedung Sentra Usaha Kaki Lima di Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Menurut Jokowi, lokasi tersebut akan dibangun rumah susun (rusun).

"Di sini akan dibangun rusun. Bawahnya pasar atasnya untuk hunian," kata mantan Wali Kota Solo tersebut, Kamis (16/1).

Menurut dia, pembangunan rusun akan langsung dimulai begitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 diketok oleh dewan.

Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta Yonathan Pasodong mengatakan, Rusun Rawa Buaya akan dibangun lima tower di atas lahan 1,7 hektare. Menurut Yonathan, masing-masing tower akan memiliki 16 lantai. "Tahun ini dibangun dua tower dulu," jelas dia yang mendampingi Jokowi.

Lantai satu, dua, dan tiga, kata Yonathan, akan dijadikan sebagai pasar. Lantai empat hingga 16 akan digunakan sebagai hunian dengan tipe 30 dan 36.

Menurut dia, rusun diperuntukkan bagi warga yang terkena relokasi akibat adanya proyek normalisasi sungai dan waduk. "Rusun ini mampu menampung 1.000 kepala keluarga," kata dia.

Lebih lanjut, Yonathan menambahkan, anggaran untuk membangun satu tower sebesar Rp 60 milyar. Semuanya berasal dari APBD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement