Kamis 16 Jan 2014 20:12 WIB

Tanggul Kali Angke Jebol

 Perumahan Ciledug indah 1 yang dilanda banjir akibat luapan kali angke, Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis (14/11).
Foto: ANTARA FOTO/Lucky
Perumahan Ciledug indah 1 yang dilanda banjir akibat luapan kali angke, Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis (14/11).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG --  Tanggul Kali Angke di Perumahan Puri Kartika, Kota Tangerang, Banten, jebol sepanjang 20 meter akibat tidak mampu menahan beban luapan air.

Akibat jebolnya tanggul tersebut, pemukiman warga di Perumahan Puri Kartika Ciledug terendam air dengan ketinggian mencapai 80 sentimeter

Dewi, warga perumahan Puri Kartika Ciledug mengatakan, penyebab tanggul jebol dikarenakan debit air di kali angke yang begitu besar dengan ditambah arus kencang.

Ditambah lagi dengan banjir yang merendam pemukiman warga sejak tiga hari lalu. Sehingga, tanggul yang sudah dibangun sejak lama pun jebol.

"Sebenarnya warga tidak tidak tahu bila tanggul jebol. Karena, air langsung merendam pemukiman warga dengan cepat tiga hari lalu. Ternyata ada tanggul yang jebol," ujarnya.

Ketua RW 09 Perumahan Puri Kartika, Dadang, menjelaskan, tanggul di perumahan tersebut jebol karena diakibatkan kondisinya yang sudah rapuh

Akibatnya, ketika arus deras dari kali angke maka tak mampu menahan dorongan yang menyebabkan jebol. "Selain luapan kali angke, banjir juga karena adanya tanggul yang jebol,"jelasnya.

Menurutnya, tanggul yang jebol itu merupakan tanggul tambahan yang dibuat oleh warga perumahan sejak tahun 1993. "Awalnya tanggul ini dibuat oleh pengembang, kemudian tanggul ini ditambah setinggi satu meter atas swadaya warga karena kondisinya yang sudah lama sehingga terjadi erosi dan rapuh," ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, dia telah melakukan pengecekan dan meminta kepada dinas pekerjaan umum untuk melakukan perbaikan dalam waktu segera mungkin. "Saya minta dinas pekerjaan umum melakukan perbaikan tahap sementara dan permanen agar tidak meluas," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement