Rabu 15 Jan 2014 23:25 WIB

SBY: Ada Piagam Madinah, Indonesia Punya Pancasila

Rep: Esthi Maharani/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Yudhoyono
Presiden Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat kehidupan berbangsa dan bernegara yang dibangun Rasulullah SAW di Madinah, bisa menjadi inspirasi untuk Indonesia.

Apalagi, kondisi Madinah saat dibangun Rasulullah tidak jauh berbeda dengan Indonesia, utamanya soal pluralitas.

"Tatanan kehidupan yang dibangun Rasul bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk membangun kehidupan serupa di negeri tercinta ini," katanya saat puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Istana Negara, Rabu (15/1).

Tatanan tersebut antara lain masyarakat yang plural tetapi bisa hidup damai dan harmonis. Hingga tatanan masyarakat dengan berbagai suku bangsa namun tetap bersikap santun dan beretika.

Jika di Madinah ada Piagam Madinah, maka Indonesia memiliki Pancasila dengan esensi yang hampir serupa. Menurutnya, Piagam Madinah telah berhasil mengubah yang semula berseteru, jadi tangguh dan bersatu. Mulanya tidak terpuji berubah jadi sarat dengan nilai panutan dan keunggulan.

Sejarah mencatat, masyarakat Madinah menjadi cahaya peradaban yang menerangi Arab di masanya. Di zaman Nabi Muhammad SAW itulah gambaran ideal yang dihendaki dalam ajaran Islam, yakni masyarakat yang dibangun atas fondasi tauhid dan landasan hukum yang adil sebagai landasan negara.

“Saat ini kita memiliki tugas sejarah untuk mencontoh tatanan masyarakat ideal sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW di Madinah. Sebagai bangsa multi-budaya dengan penduduk Muslim terbesar, Indonesia harus mampu membangun kehidupan berbangsa yang adil, teduh, dan mengayomi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement