Senin 13 Jan 2014 22:42 WIB

Polres Sleman-UGM Canangkan Car Free Day

UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Kepolisian Resor Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Univeritas Gadjah Mada Yogyakarta mencanangkan program "car free day" di lingkungan kampus setiap Minggu.

"'Car free day' merupakan bagian dari program pelopor keselamatan lalu lintas untuk memberikan pendidikan dan penyuluhan berlalu-lintas," kata Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Sleman Inspektur Dua (Ipda) Margono di Yogyakarta, Senin.

Dalam program itu, kata dia, polisi wanita (polwan) memiliki peran utama untuk memberikan pelayanan dan mendekatkan diri dengan masyarakat agar lalu lintas berjalan lancar."Selain berjaga-jaga di titik-titik keramaian, para polwan juga berpatroli menggunakan sepeda," katanya.

Menurut dia, "car free day" merupakan bentuk dukungan kepada Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat. "Car free day" diadakan setiap Minggu pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB.

"'Car free day' akan dilaksanakan setiap Minggu. Program itu merupakan salah satu bentuk dukungan kepada UGM untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat," katanya.

Kepala Satuan Keamanan dan Keselamatan Kampus UGM Noorhadi Rahardjo mengatakan pencanangan "car free day" dimulai dengan uji coba di ruas timur Jalan Olahraga.

"Rencananya area 'car free day' akan diperluas mulai dari Boulevard UGM sampai dengan jembatan layang Jalan Olahraga. Program itu diselenggarakan sinergis dengan program UGM Sehat," katanya.

Menurut dia, pencanangan UGM Sehat telah dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto pada Minggu (5/1). Program itu merupakan salah satu program yang didedikasikan oleh UGM untuk membangun generasi sehat.

"Selain senam bersama, beberapa kegiatan juga dilakukan dalam UGM Sehat, di antaranya atraksi dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Swagayugama dan bela diri," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement