Jumat 10 Jan 2014 12:27 WIB

Ini Cara Kebumen Kembangkan Agrowisatanya

Pemandangan di Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa Tengah.
Foto: kebumenkab.go.id
Pemandangan di Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mengembangkan Agrowisata Suwuk di Desa Tambakmulyo, Puring, sebagai terobosan pembangunan pertanian bersama-sama dengan kepariwisataan karena letak tempat tersebut relatif tidak jauh dari Pantai Suwuk.

"Pengembangan pertanian yang digabung dengan unsur wisata, adalah sebuah terobosan yang memiliki manfaat ganda," kata Bupati Kebumen Buyar Winarso saat panen berbagai komoditas di kawasan Agrowisata Suwuk di Kebumen, Jumat (10/1).

Lokasi agrowisata satu-satunya di kabupaten di kawasan selatan Jateng itu, katanya, cukup strategis, sekitar 3,5 kilometer dari objek wisata Pantai Suwuk, atau di samping SMK Pelayaran Puring. Areal agrowisata yang dikelola oleh Kelompok Tani "Budi Rukun" Desa Tambak Mulyo, Kecamatan Puring itu, sekitar 6,7 hektare.

Ia mengatakan agrowisata itu juga sebagai sarana pemasaran produk pertanian, sekaligus untuk mendukung pengembangan kepariwisataan di daerah setempat. "Para wisatawan bisa mendapatkan sayuran dan buah-buahan secara langsung dengan cara memetik sendiri dari pohonnya," katanya.

Berbagai komoditas yang ditanam dan saat ini siap panen di lokasi itu, antara lain peria, mentimun, terung putih, ungu, hijau, dan lalap, cabai besar, rawit, hijau, semangka, sirsak, dan ketela pohon. "Kami mengucapkan selamat, karena masyarakat Desa Tambak Mulyo bisa menikmati hasil kerja kerasnya selama ini," katanya.

Ia mengemukakan pentingnya petani menerapkan teknologi pertanian yang tepat guna, ramah lingkungan, dan berorientasi pasar. Penerapan teknologi tepat guna, katanya, membuat produksi mereka terus mengalami peningkatan, baik secara kualitas maupun kuantitas. "Yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap pendapatan dan kesejahteraan para petani," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement