Kamis 09 Jan 2014 20:33 WIB

RSJ Menur Siap Wujudkan Jatim Bebas Pasung

Pasung
Foto: blogspot
Pasung

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya siap membantu menyukseskan program Jawa Timur Bebas Pasung 2014 bagi pasien yang terganggu mentalnya. Progam ini adalah perintah Gubernur Soekarwo.

"Semua persiapan, baik teknis maupun nonteknis sudah disiapkan untuk membantu memperlancar program Jatim bebas pasung," ujar Direktur Utama RSJ Menur, Adi Wirachjanto, ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Kamis (9/1).

Rumah sakit, kaanya, akan bekerja sama dengan pihak terkait, seperti panti-panti sosial di berbagai daerah sebagai lokasi usai perawatan pasien dari rumah sakit. RSJ Menur juga sudah bekerja sama dengan RSJ Lawang, Malang, khusus menangani masalah ini.

Adi menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dan mengajak keluarga pasien agar mau merawatkannya di rumah sakit minimal sebulan. Selanjutnya, usai perawatan di rumah sakit akan dibawa ke panti rehabilitasi sosial dan bekerja sama dengan Dinas Sosial Jatim.

Di RSJ Menur saat ini, kata dia, ada dua pasien asal Ponorogo yang sedang menjalani perawatan. Sedangkan, data dari Dinas Kesehatan Jatim hingga akhir tahun lalu total pasien di Jatim yang dipasung mencapai 794 orang.

Dua daerah tertinggi yang paling banyak ada orang dengan gangguan jiwa yang dipasung berada di Kabupaten Ponorogo dengan 94 kasus dan Trenggalek 49 kasus.

Disinggung tentang anggaran yang dikeluarkan, Adi mengatakan Pemprov Jatim memberi sekitar Rp15 miliar dengan target menangani 1.000 pasien, atau Rp15 juta per orangnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement