Ahad 05 Jan 2014 21:13 WIB

Pemkab Purwakarta Bangun Jalan Baru

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Joko Sadewo
Kabupaten Purwakarta
Foto: apkasi.or.id
Kabupaten Purwakarta

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, akan menambah lagi infrastruktur jalan di wilayah perkotaan. Yakni, di samping rel kereta api, Kebon Jahe, Kelurahan Nagri Kaler sampai Kelurahan Nagri Tengah. Pembangunan jalan tersebut, bertujuan untuk mengurai kemacetan di sepanjan ruang Jl Sudirman, Purwakarta.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Purwakarta, Budi Supriyadi, mengatakan, rencananya jalan baru tersebut akan dibangun sepanjang 1.272 meter atau sekitar 1,2 kilometer. Dengan lebar jalan sekitar tujuh meter. Jalan tersebut akan terbentang dari pintu rel kereta api (Kemuning) sampai samping Gedung Kembar, Jl KK Singawinata.

"Pembangunan jalan ini, sedang menunggu proses lelang dan penyelesaian pembebasan lahan," ujar Budi, Ahad (5/1).

Untuk pembuatan infrastruktur baru ini, lanjut dia, dialokasikan anggaran sekitar Rp 6 miliar. Biayanya dari APBD kabupaten 2014. Rencananya, pembangunan akan segera di mulai pada akhir Februari atau awal Maret. Saat ini, masih dalam proses lelang. Jika proses lelang sudah selesai, dan sudah ada pemenangnya, maka pembangunan ini siap direalisasikan. 

Budi menyebutkan, alasan pemkab membuat jalan  ini untuk mengatasi kemacetan di Jl Sudirman. Sebab, di sepanjang jalan protokol itu, banyak berdiri pusat-pusat perkantoran. Terutama, perkantoran perbankan. Serta sekolah. Selain itu, Jl Sudirman merupakan area pusat perbelanjaan warga Purwakarta. Sehingga, di jam-jam tertentu terjadi kemacetan di ruas jalan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement