Ahad 05 Jan 2014 11:03 WIB

KPU Sempurnakan DPT 14 Hari Jelang Pemilu

Parpol/ilustrasi
Foto: antara
Parpol/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG AMPEK -- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, akan menyempurnakan daftar pemilih tetap hingga 14 hari sebelum proses pemungutan suara Pemilu Legislatif 9 April 2014.

"Sesuai surat edaran dari KPU RI diharapkan KPU bisa sempurnakan daftar pemilih tetap (DPT) sampai dengan 14 hari sebelum pemungutan suara," kata Ketua KPU Pasaman Barat Syafrinaldi di Simpang Ampek, Ahad.

Dia mengatakan pihaknya saat ini juga sedang menyusun daftar pemilih khusus (DPK) untuk Pemilu mendatang.

"DPT bersifat dinamin hingga 14 hari menjelang pemilihan. selan penyempurnaan DPT juga daftar pemilih khusus harus disiapkan juga,"kata dia.

Menurut dia, pemilu saat ini berbeda dengan pemilu sebelumnya yang hanya satu DPT, karena tahun ini ada empat yakni DPT, DPK, daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih KTP atau menggunakan KTP.

Pihaknya terus melakukan konsolidasi ke tingkat bawah seperti panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) agar data semakin valid.

"Termasuk bimtek terkait pemungutan dan penghitungan suara, sehingga diharapkan pada Januari--Februari rekan-rekan PPK/PPS mempunyai gambaran akan pemungutan dan pengitungan suara mengingat ada perubahan pemilih pada Pemilu 2014," katanya.

DPT pemilu 2014 di Pasaman Barat sebanyak 252.741 pemilih. Namun demikian KPU mengakui masih terdapat ribuan pemilih yang nomor induk kependudukan (NIK)-nya invalid yang belum bisa dikoreksi.

"Kami optimis pemilih yang invalid bisa diselesaikan hingga waktu yang diberikan. Koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terus kita lakukan,"ujar dia.

Dia menambahkan petugas KPU juga turun langsung ke lapangan menemui pemilih yang invalid tersebut untuk verifikasi. Dengan demikian diharapkan semua data yang bermasalah bisa diselesaikan dengan baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement