Kamis 02 Jan 2014 08:15 WIB

Ada Upaya Menghancurkan SBY dan Demokrat

Marzuki Alie
Foto: Antara/Reno Esnir
Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie, mengatakan adanya upaya untuk menjatuhkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Partai Demokrat secara tidak sehat.

“Tujuan mereka ingin menghancurkan dan bahkan menghilangkan Partai Demokrat dari pentas politik di Indonesia melalui SBY. Kekuatan PD memang ada pada sosok SBY, jika citra SBY hancur maka Partai Demokrat hancur,” ujar Marzuki dalam pernyataannya, kemarin.

Menurutnya, hal tersebut jauh dari nilai demokrasi dengan cara memfitnah, karena tidak mengandung unsur kebenaran. “Seperti tudingan bahwa pencalonan Boediono sebagai wapres pada pilpres 2009 lalu dikatakan sebagai barter dengan Century. Itu sangat tidak benar."

Dikatakannya, SBY sudah menentukan kriteria cawapresnya jauh hari sebelum kasus tersebut muncul dan dikaitkan dengan SBY. Sebagai sekjen saat itu, Marzuki mengakui sudah mengetahui bahwa SBY menginginkan cawapres yang bukan orang partai atau nonpartisan.

Marzuki mengaku pernah mengirimkan pesan singkat kepada SBY untuk mengambil langkah tegas terhadap pihak-pihak yang kerap memfitnahnya. Namun SBY, menurutnya, tidak mau menggunakan kekuasaannya untuk melawan, meski SBY bisa memanfaatkan berbagai institusi di bawahnya untuk melakukan hal itu.

”Kalau mau SBY bisa kok, BIN dibawah dia, semua institusi di bawahnya bisa dimanfaatkannya, tapi itu tidak dilakukan. Itu juga sebabnya SBY tidak mau menggunakan kejaksaan agung sebagai pengacaranya karena ini urusan fitnah terhadap pribadinya,” tegasnya. Karena itulah, SBY, lanjutnya menggunakan pengacara lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement