Rabu 01 Jan 2014 16:56 WIB

Tahun Baru Usai, Volume Sampah di Surabaya Meningkat

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Maman Sudiaman
Seorang petugas kebersihan membersihkan sampah yang menumpuk di pinggir jalan (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Seorang petugas kebersihan membersihkan sampah yang menumpuk di pinggir jalan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perayaan pergantian tahun baru 2014 di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) mengakibatkan volume sampah-sampah di Surabaya bertambah sedikitnya 25 ton.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya Chalid Buhari mengatakan, volume sampah yang ada di Surabaya per hari sebanyak 1.200 ton. “Namun akibat perayaan tahun baru 2014, volume sampah bertambah sebanyak 25 ton. Jadi volume sampah saat tahun baru 2014 sebanyak 1.225 ton,” katanya kepada Republika, Rabu (1/1).

Untuk itu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya telah menerjunkan 300 petugas kebersihan untuk mengantisipasi banyaknya sampah yang dibuang saat melam pergantian tahun. Para petugas kebersihan itu disebar di seluruh-titik di Surabaya. Pihaknya memprioritaskan membersihkan dahulu sampah di jalan-jalan protokol yang menjadi lokasi Car Free Night yaitu di Jalan Darmo, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Tunjungan, dan Jalan Panglima Sudirman.

“Setelah itu kami bersihkan di jalan maupun tempat umum karena perayaan tahun baru kan tidak hanya terpusat di jalan protokol Surabaya saja. Jadi penyebaran sampahnya juga di jalan umum,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement