Jumat 27 Dec 2013 15:21 WIB

Festival Lampion Warnai Tahun Baru di Sleman

Rep: Nur Aini/ Red: Hazliansyah
Kemeriahan kembang api di malam tahun baru
Foto: Republika
Kemeriahan kembang api di malam tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sejumlah obyek wisata di Kabupaten Sleman menawarkan berbagai hiburan bagi wisatawan atau warga Yogyakarta yang akan melewatkan malam tahun baru.

Di kawasan wisata Kaliurang, misalnya, masyarakat sekitar menggelar festival lampion yang digelar mulai 27-31 Desember 2013. Festival tersebut diikuti 16 kelompok masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan swadaya dari masyarakat Kaliurang," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, AA Ayu Laksmidewi ditemui di Sleman, Jumat (27/12).

Dalam festival tersebut, lampion menghiasi sepanjang jalan di gerbang masuk Kaliurang hingga Telogo Putri. Di malam tahun baru, obor akan dinyalakan di sepanjang jalan tersebut.

Saat malam pergantian tahun, masyarakat Kaliurang akan menggelar kirab budaya. Sebanyak 10 kelompok masyarakat akan memeriahkan kirab budaya yang melewati rute patung udang hingga berakhir di panggung Telogo Putri. Pada malam itu, pentas seni dan pesta kembang api juga akan digelar di panggung Telogo Putri.

Hiburan lain di malam tahun baru di Sleman digelar di Lapangan Denggung. Acara akan digelar pada Selasa (31/12) mulai pukul 16.00 WIB. Acara hiburan tersebut akan diisi dengan pentas seni band dan keroncong. Pesta kembang api dan mercon bumbung akan menandai pergantian tahun di acara tersebut.

Taman kuliner Condong Catur, Kabupaten Sleman juga menggelar pentas musik untuk memeriahkan pergantian tahun. Jika ingin suasana yang berbeda, Desa Wisata Pulesari di Sleman akan menggelar pentas kesenian lokal saat malam tahun baru. Pentas seni jathilan juga digelar di Desa Pandowoharjo.

Malam pergantian tahun ditarget bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sleman. Pemkab Sleman menarget ada 15 ribu wisatawan ke Sleman saat malam pergantian tahun. Menurut Ayu, pergantian tahun sebelumnya mampu menarik sekitar 10 ribu pengunjung.

Meski libur tahun baru, Ayu menegaskan tidak ada kenaikan untuk tarif retribusi masuk kawasan wisata ke Sleman. Untuk tarif masuk ke kawasan wisata Kaliurang misalnya, masih Rp 3.000 per orang di luar parkir kendaraan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement