Jumat 27 Dec 2013 12:16 WIB

Dubes Korsel: Perlu Komitmen Kuat untuk Restorasi Sungai Tercemar

Sungai Ciliwung
Foto: setkab.go.id
Sungai Ciliwung

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA-- Demi memulihkan kualitas Sungai Ciliwung agar lebih bersih dalam waktu lebih cepat, Indonesia melakukan kerja sama dengan Korea Selatan.

Kerja sama tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama proyek restorasi Sungai Ciliwung oleh Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Yeong Seon di pelataran Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (27/12).

Seluruh langkah dalam proyek ini juga ditujukan menjadi pusat edukasi masyarakat untuk mempelajari restorasi sungai," jelas Menteri Balthasar.Maklum saja Sungai Ciliwung termasuk dalam kategori sungai dengan tingkat pencemaran berat mulai dari hulu hingga hilir.

"Pembangunan tidak hanya mempertimbangkan persoalan ekonomi saja tetapi juga lingkungan," kata Dubes Kim Yeong Seon.

Dubes menceritakan Korea Selatan juga mempunyai masalah yang sama beberapa dekade lalu, hingga kemudian para pemimpinnya mempunyai komitmen yang kuat dalam masalah lingkungan.

"Perlu komitmen yang kuat dalam upaya restorasi sungai."

Dalam kerja sama itu, Korea Selatan membagi pengalamannya, keahlian, dan teknologi. Proyek tersebut diharapkan bisa jadi proyek percontohan dan ditargetkan rampung pada Juni 2015.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement