Senin 23 Dec 2013 21:50 WIB

Jembatan Jalan Desa di Simalungun Runtuh

ilustrasi
Foto: Istimewa
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SIMALUNGUN -- Jembatan kecil di jalan lintas Nagori (Desa) Serapuh Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara runtuh akibat serinya dilalui kendaraan besar dan berat sepanjang hari.

"Sudah dua kali ini runtuh. Seingat saya menjelang Lebaran lalu dan pada Ahad (22/12) kemarin," ujar Suparman (43 tahun) diiyakan warga setempat, Senin (23/12).

Suparman menjelaskan, jalan kampung dan kebun kawasan pemukiman warga dari lima desa di Kecamatan Gunung Malela ini menjadi arus lalu lintas alternatif dari Kota Pematangsiantar menuju Perdagangan Simalungun dan kota/kabupaten lainnya.

Pengalihan ini kata Suparman, akibat runtuhnya jalan dan jembatan di daerah Nagori Pamatang Sahkuda yang sudah berlangsung setahun lebih sehingga kendaraan truk dan angkutan antar provinsi melintas di jalan ini.

"Kami sudah memprediksi jalan kampung tidak akan mampu menahan berat kendaraan karena tidak sesuai kapasitas. Banyak jalan kampung sudah rusak di berbagai titik, dan kemarin jembatan runtuh sehingga tidak bisa dilalui lagi," kata Suparman.

Suparman dan warga lainnya berharap Pemerintah segera memperbaiki jalan lintas provinsi dan jembatan yang runtuh di Nagori Pamatang Sahkuda supaya dapat dilalui kendaraan sesuai dengan kapasitas dan jalan di desa mereka tetap terawat.

Camat Gunung Malela Riando P Purba ketika dihubungi menyampaikan Pemkab Simalungun melalui Dinas PU Bina Marga sedang memperbaiki jembatan yang runtuh dengan mempergunakan batang kelapa."Itu untuk jembatan sementara, sebelum dibuat secara permanen supaya bisa dilalui kendaraan roda empat kecil, dan warga bisa melakukan aktifitasnya seperti biasa," kata Camat Gunung Malela.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement