Jumat 20 Dec 2013 14:07 WIB

Empat Orang Tewas Tertimpa Longsor di Kebumen

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: A.Syalaby Ichsan
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sedikitnya empat orang tewas akibat longsor yang terjadi di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (20/12).

Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak Kamis (19/12) sore hingga Jumat (20/12) dini hari telah menyebabkan longsor di Dukuh Siregol RT 04/02, Desa Kali Gending, Kecamatan Karang Sambung, Kabupaten Kebumen.

“Longsor kemudian terjadi pada Jumat pagi pukul 05.00 WIB yang menimpa satu rumah yang berisi delapan orang. Empat orang diantaranya meninggal dunia yaitu Rusmiyati (50 tahun), Sofa (5), Pamungkas (8 bulan), dan Lastri (30),” katanya melalui Blackberry Messanger yang diterima Republika, Jumat. 

Sementara itu, satu orang luka berat yaitu patah tulang dan luka-luka robek di tubuhnya bernama Pendi (11) dan tiga orang luka ringan. Di Desa Kedungwaru, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, hujan juga telah menyebabkan  tanggul sungai Gentang jebol sehingga menimbulkan banjir.

Sutopo menambahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen telah mengirim 500 karung pasir untuk perbaikan tanggul darurat. Selain itu juga mendistribusikan makanan siap saji.

BPBD Kebumen bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), kepolisian republik Indonesia (Polri) dan relawan sudah di lokasi kejadian melakukan evakuasi. Korban luka dirawat di Puskesmas Karangsambung telah dirujuk ke rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement