Kamis 19 Dec 2013 13:48 WIB

Guruh: Mbak Mega Sudah Tidak Waktunya Lagi Maju

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan Guruh Sukarno Putra tidak setuju dengan wacana pencapresan Megawati Sukarno Putri. Menurutnya, Megawati sudah tidak cocok menjadi calon presiden (capres). 

"Saya pribadi menganggap Mbak Mega sudah tidak waktunya lagi maju," kata Guruh kepada RoL di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (17/12).

Kendati begitu, Guruh tidak mempersoalkan pihak-pihak yang masih menyatakan dukungan kepada Megawati untuk maju sebagai capres. Menurutnya dukungan itu merupakan bagian dari keragaman demokrasi. "Saya melihat itu (dukungan untuk Megawati) hanya aspirasi yang beragam," ujarnya.

Guruh menilai sampai sejauh ini belum ada tokoh nasional yang pantas diusung menjadi capres. "Belum ada," katanya. Sebelumnya Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon percaya Megawati masih layak menjadi calon presiden (capres) Indonesia di Pemilu 2014. 

Bagi Effendi, sosok Megawati bakal mampu menjawab tantangan bangsa Indonesia baik di level nasional maupun global. "Beliau sangat cocok dengan kebutuhan Indonesia ke depan," kata Effendi hari ini kepada wartawan.

Dia mengatakan, Megawati memenuhi syarat untuk menjadi calon presiden. Dari sisi elektabilitas misalnya, Effendi melihat masih banyak rakyat yang menginginkan Megawati memimpin bangsa.

Dari sisi kepemimpinan Megawati juga kaya akan pengalaman. "Bagi kami elektabilitas beliau yang tertinggi. Kita tahu presiden tidak cuma butuh kecakapan akademis tapi juga kepemimpinan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement