Sabtu 14 Dec 2013 14:27 WIB

Jepang Percepat Kerja Sama Ekonomi dengan Indonesia

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
Hatta Rajasa
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang menyatakan komitmennya untuk melanjutkan dan mempercepat kerja sama ekonomi yang terjalin dengan Indonesia. Menko Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan kedua negara setuju melanjutkan kerja sama berbagai bidang. 

"Kedua pemimpin negara setuju untuk melanjutkan dan mempercepat kerja sama terutama yang menyangkut pembangunan sejumlah infrastruktur," katanya, Sabtu (14/12). 

Ia mencontohkan, beberapa infrastruktur yang akan dipercepat yakni pembangunan pelabuhan Cilamaya, mass rapid transit (MRT), hingga metropolitan priority area (MPA). 

Sedangkan di bidang perekonomian, pemerintah Jepang juga menyatakan komitmen untuk mendorong investasi dan perdagangan lebih besar dan luas kepada Indonesia.

"Investasi Jepang pada 2013 ini sudah menempati urutan pertama. Belum lagi, seluruh pengusaha Jepang itu menempatkan Indonesia sebagai tujuan utama investasi," katanya. 

Dengan komitmen tersebut, Hatta menilai Indonesia akan berpeluang menjadi basis produksi pada 2015. Tahun yang sama ketika masyarakat ekonomi Asean mulai diberlakukan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement