Jumat 13 Dec 2013 08:36 WIB

Pagi Ini, Pantai di DIY Bersih-Bersih

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Nusantara Tahun 2013 yang dilaksanakan secara serentak d seluruh wilayah Indonesia, di DIY dilaksanakan gerakan bersih pantai dan laut di kabupaten se-DIY yang memiliki laut, Jumat (13/12).

Hal itu dikemukakan Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY Iswanto,Kamis (12/12). Sehubungan dengan hal tersebut, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 003/5306 tertanggal 4 Desember 2013.

Surat Edaran tersebut ditujukan kepada para bupati/ wali kota/ pimpinan instansi/ lembaga pendidikan tinggi/ pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) /sekolah se-DIY.

Isi surat edaran tersebut adalah agar mereka melakukan aktivitas rangkaian peringatan Hari Nusantara melalui Gerakan Bersih Pantai dan Laut di wilayah masing-masing bagi daerah yang memiliki wilayah laut.

Di samping itu, kata Iswanto, mereka juga diminta menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hari Nusantara 2013 di kantor masing-masing. Untuk tingkat DIY puncak peringatan Hari Nusantara 2013 diselenggarakan di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Jumat (13/12).

Pada kesempatan ini akan diserahkan beberapa penghargaan bagi para petani/ nelayan sebagai pemenang lomba baik perorangan maupun kelompok bidang pembenihan, pembesaran, perikanan tangkap maupun pengolahan perikanan.

Untuk memeriahkan acara tersebut juga dipersembahkan sebuah Tarian Gema Nusantara tentang Keanekaragaman Bahari di Nusantara serta Drumband Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement