Selasa 10 Dec 2013 18:32 WIB

Warga Jembrana Terjangkit Wabah Chikungunya

Aedes albopictus, nyamuk yang diyakini menyebarkan wabah chikungunya
Foto: STRAITS TIME
Aedes albopictus, nyamuk yang diyakini menyebarkan wabah chikungunya

REPUBLIKA.CO.ID, NEGARA -- Separuh warga Dusun Tengah, Desa Air Kuning, Kabupaten Jembrana, Bali, terjangkit wabah penyakit chikungunya dalam dua pekan terakhir.

"Sudah beberapa hari ini saya tidak bisa bekerja. Persendian tubuh rasanya nyeri semua disertai demam," kata Herman, warga Dusun Tengah, Selasa (10/12).

Laki-laki yang berprofesi sebagai nelayan itu mengaku virus yang disebarkan nyamuk tersebut menular dari rumah ke rumah, namun tidak bersamaan. "Biasanya kalau salah satu keluarga terjangkit, keluarga lainnya yang tinggal serumah juga akan kena. Bahkan, ada satu keluarga, yang empat di antaranya sakit seperti ini," ujarnya.

Menurut dia, penyakit tersebut cukup sulit diobati karena meskipun sudah datang ke Puskesmas butuh waktu lama untuk sembuh kembali.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, dr Putu Suasta mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan pengasapan di Desa Air Kuning. "Yang kami kedepankan adalah penyuluhan kepada masyarakat, penyemprotan tidak bisa dilakukan setiap hari karena bisa menyebabkan nyamuk tersebut kebal terhadap obat," katanya.

Kepada warga yang terjangkit, dia mengarahkan mereka untuk menjalani rawat inap di Desa Yehkuning yang tidak jauh dari dusun tersebut. "Kami sudah dekatkan pelayanan kesehatan dengan membangun Puskesmas rawat inap di sekitar sana. Warga silakan berobat kesitu," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement