Selasa 10 Dec 2013 16:42 WIB

Harimau Sumatra 'Euro' Kehilangan Insting Liarnya

Harimau Sumatra (panthera tigris sumatrae).
Foto: Antara/FB Anggoro
Harimau Sumatra (panthera tigris sumatrae).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Euro, harimau sumatra penghuni vila 90 yang berhasil diselamatkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah I Jawa Barat, mengalami penurunan insting liarnya akibat terlalu lama berada di kandang.

"Selama diobservasi, kami melihat ada perubahan prilaku dari Euro. Karena cukup lama dipelihara, dia sudah jinak dan sulit ditebak," kata drh. Andita Spetiandini, dokter hewan spesialis satwa liar dari Animal Sanctuary Trust Indonesia (ASTI) yang merawat Euro, saat ditemui di pusat rehabilitasi satwa ASTI di Megamendung, Bogor, Selasa.

Andita menyebutkan Euro merupakan harimau sumatra yang telah jinak. Euro telah dikandangkan dan dipelihara oleh pemiliknya diperkirakan sejak usia masih satu tahun hingga kini usianya sudah empat tahun.

Euro terlihat jinak dan mengenal namanya ketika dipanggil, termasuk oleh petugas vila yang memberikan makan kepadanya.

Selama diobservasi di ASTI, Euro dilatih untuk mengembalikan prilaku alamiahnya. ASTI pernah mencoba menguji insting liar harimau sumatra tersebut dengan memasukkan seekor anak ayam.

"Tapi anak ayam itu cuma dijilatnya, terus dilihatin. Jadi seperti mainan," kata Andita.

Selain kehilangan insting liarnya, Euro juga takut air. Dia tidak pernah menyentuh air dalam kolam yang ada di kandang.

Kemungkinan selama dikandangkan ia tidak pernah dimandikan oleh pemilik menyebabkan satwa liar tersebut tidak menyukai air.

"Padahal, di habitatnya harimau sumatra ini bisa berenang. Mereka menjelajahi hutan dan menyeberangi sungai dengan berenang sebagai salah satu keahliannya," ujar Andita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement