Sabtu 07 Dec 2013 10:22 WIB

Kota Ini Raih Penghargaan Langit Biru

Rep: Nurhamidah/ Red: Dewi Mardiani
Acara seremoni penghijauan
Foto: Antara
Acara seremoni penghijauan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kota Tangerang meraih penghargaan Langit Biru dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI untuk kategori kota metropolitan. Penghargaan tersebut atas penilaian hasil evaluasi kualitas udara perkotaan pada 44 kota dan 33 provinsi di Indonesia dari Maret - Oktober 2013.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Tangerang, Mohamad Rakhmansyah memaparkan Kota Tangerang akan terus berupaya mewujudkan kualitas udara dan lingkungan sehat. Menurutnya hal itu merupakan unsur terpenting untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat.

“Peningkatan kualitas udara dengan terus melakukan program kebersihan lingkungan melalui program penghijauan dan program kebersihan," kata Rakhmansyah, Sabtu (7/12).

Ia menguraikan kendaraan bermotor setiap tahun terus bertambah di kota tersebut. Hal itu menyebabkan terjadinya peningkatan polusi dan pencemaran udara. Serta adanya perubahan iklim yang mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Penghargaan Langit Biru diberikan Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya pada acara Public Exspose Program Langit Biru 2013 bertempat di Jakarta pada Kamis lalu. Menurutnya, dalam kategori kota metropolitan selain Kota Tangerang ada juga Kota Bandung, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Surabaya.

Sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup telah melakukan penilaian hasil pada 44 kota dan 33 provinsi di Indonesia dari Maret - Oktober 2013. Adapun rinciannya meliputi 14 kota metropolitan, 14 kota besar dan 16 kota sedang.

Penghargaan Langit Biru diberikan kepada setiap pemerintah daerah yang berhasil melakukan pemantauan kualitas udara di jalan raya dengan baik. Seperti dalam hal pengurangan tingkat pencemaran udara serta uji emisi kendaraan bermotor di jalan raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement