Jumat 06 Dec 2013 09:54 WIB

Disimpan di Jok Motor, Uang Rp 70 Juta Dicuri

 Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Arif Pribadi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RENGAT -- Aparat Polres Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, tengah menyelidiki kasus pencurian uang senilai Rp 70 juta milik Abdul Hasyim (37). Uang milik warga Jalan Arif Rahman Hakim, Rengat, tersebut hilang saat diparkir di dalam jok motor di depan Bank Mandiri.

Kapolres Inhu, AKBP Aris Prasetyo Indaryanto, melalui Kasat Reskrim, AKP Meilki Bharata, di Rengat, Kamis, menyatakan kasus pencurian tersebut terjadi akibat kelalaian mulai saat pengambilan uang hingga motor ditinggalkan begitu saja dengan uang didalam joknya.

"Ada unsur kelalaian di sini, namun kita akan tetap mengusut pelaku apalagi perbuatan tersebut terekam jelas di CCTV," ujarnya.

Kejadian terjadi Rabu (4/12) saat ia pergi ke Bank BRI yang berada persis di samping Bank Mandiri Rengat untuk mengambil uang senilai Rp 175 juta bersama seorang rekannya.

Setelah uang diambil, Hasyim kemudian membagi dua masing-masing senilai Rp 105 juta dan Rp 70 juta.

Uang Rp 105 juta dibawa Hasyim dan dimasukkan dalam bajunya untuk disetorkan ke Bank Mandiri Rengat.

"Uang senilai Rp70 juta diletakkan dalam sepeda motor Yamaha Soul warna putih yang dikendarai Ardison," terangnya.

Setelah itu, mereka menuju Bank Mandiri Rengat yang bersebelahan dengan menggunakan dua sepeda motor kemudian diparkirkan di halaman Bank Mandiri Rengat.

Hasyim kemudian masuk ke dalam Bank Mandiri, sedangkan Ardison menunggu di luar sambil duduk di atas sepeda motor Yamaha Soul yang berisi uang senilai Rp 70 juta.

Didalam sambil menunggu antrean, Hasyim kemudian keluar dan meminta Ardison untuk mengisi BBM sepeda motor Honda Beat.

Setelah selesai, Ardison kembali lagi ke Bank Mandiri. Namun, ia terkejut ketika mengetahui uang yang ada dalam jok sepeda motor tersebut sudah tidak ada lagi.

Ardison kemudian memberitahu Hasyim yang saat itu telah selesai menyetorkan uang senilai Rp 105 juta. Kejadian dilaporkan kepada pihak keamaan Bank Mandiri.

Pihak Bank Mandiri memperlihatkan hasil rekaman CCTV kepada Hasyim didampingi oleh polisi. Dari rekaman CCTV, terlihat ada sebuah mobil yang parkir tepat di belakang motor Yamaha Soul tersebut.

Bahkan, Ardison sempat menggeser motor berisi uang itu agar tidak terlalu dekat dengan mobil. Kemudian dari mobil tersebut, turun seorang laki-laki dengan badan besar tapi tidak terlalu tinggi menuju ATM.

Begitu Ardison pergi membeli BBM dengan sepeda motor Honda Beat, pria tersebut keluar dari ATM dan menuju motor Yamaha Soul.

Pria itu langsung mengangkat bagian tengah jok motor secara paksa, kemudian meraih uang pecahan Rp 100 ribu senilai Rp 70 juta yang tersimpan didalam kantong plastik hitam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement