Selasa 03 Dec 2013 20:35 WIB

5 Restoran Sedang Proses Sertifikasi Halal di MUI

Majelis Ulama Indonesia
Foto: Republika/Prayogi
Majelis Ulama Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim mengungkapkan, ada lima restoran yang sedang dalam proses sertifikasi halal.

Restoran tersebut meliputi Roti Boy, Burger King, Richeese Kuliner Indonesia, Dapur Cokelat, dan Cimory. Sementara dua restoran telah mendapatkan sertifikat halal yaitu Solaria dan MM Juice.

Tujuh merek tersebut adalah sebagian dari yang bertemu dengan MUI setelah beredar isu daftar restoran yang tidak halal di media sosial.

"Kami membuat undangan terbuka, dari 15 restoran yang diisukan (tidak halal) jumlah yang datang mencapai 31 pada pertemuan September lalu," kata Lukman di MUI, Selasa (3/12).

 

Sebagian dari restoran tersebut pun mengurus proses sertifikasi halal. Ada pula restoran yang ikut diisukan tidak halal namun hingga saat ini tidak ikut mengurus sertifikasi. Seperti Izzi Pizza, Starbucks Coffee, Rice Bowl, dan Red Bean.

Ketua MUI Ma'ruf Amin mengatakan restoran yang tidak memiliki sertifikat halal tidak serta merta menjadi haram. "Hanya tidak dijamin halal, tapi belum tentu haram," ujarnya.

Mengingat sertifikasi halal bersifat sukarela, MUI tidak bisa memaksa untuk mengikuti proses tersebut. Karenanya, MUI menyatakan siap menyediakan informasi bagi masyarakat soal restoran halal.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement