Senin 02 Dec 2013 12:07 WIB

Polisi Kolaka Tangkap 14 Imigran Gelap

Imigran gelap (ilustrasi)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Imigran gelap (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KOLAKA--Kepolisian Resor Kolaka, Sulawesi Tenggara, kembali mengamankan 14 imigran gelap dari hasil Operasi Zebra satuan lalu lintas polres setempat.

Humas Polres Kolaka AKP Nazaruddin yang ditemui, Senin, membenarkan sekitar pukul 06.30 Wita, satuan lalu lintas polres menangkap dua unit kendaraan roda empat yang mengangkut 14 imigran gelap dari Kabupaten Kolaka Utara menuju Kendari. "Dua unit mobil sewa yang ditumpangi 14 imigran itu diamankan di jalur Bypass Kolaka saat melintas," katanya.

Menurutnya, ke empat belas imigran yang tidak memiliki dokumen itu berasal dari dua negara, yakni 10 orang berasal dari Sudan dan lainnya berasal dari Yaman. "Semua imigran ini untuk sementara diamankan dulu sambil menunggu pihak imigrasi Kendari datang menjemput mereka," ungkapnya.

Nazaruddin juga menduga lolosnya imigran gelap yang masuk melalui Kabupaten Kolaka Utara terkoordinir karena modusnya melalui pelabuhan tradisional yang berada di Desa Lapai.

"Ini yang kedua kalinya kita mengamankan imigran gelap dengan modus yang sama dijemput di desa Lapai setelah kami kemarin mengamankan enam imigran asal Somalia," Jelasnya.

Selain mengamankan imigran gelap itu, mantan Kapolsek Wundulako juga mengatakan mengamankan dua sopir mobil sewaan untuk dimintai keterangannya oleh pihak kepolisian.

"pihak kepolisian juga untuk sementara meminta keterangan dari sopir mobil sewaan," katanya.

Karena, lanjut Nazaruddin, menurut keterangan sopir ada oknum masyarakat di Kolaka Utara berinisial "J" yang menjadi penghubung imigran itu dengan orang yang mengurus di Kendari.

"Namun sangat disayangkan karena sopir melakukan pembicaraan hanya melalui telepon selular saja dengan pihak penghubung itu," Jelas Nazaruddin.

Adapun nama-nama imigran itu yakni, Muh Abd Rahem, Aiman, Issa Ali, Abulgader Mansov, Noraolehosnan, Yahya Ibrahim, Hassan Omer, Muh Hamid Ahmad Taqi, Nasraldin Zakria,Hamed Suliman yang berasal dari Negara Sudan sementara empat lainnya adalah Saleh Abdullah,Anwar Salih Nourin,Abdulfatah Muhammad dan abulhakem Abubakar adalah warga Negara Yaman.

Hasil pantauan di Kantor Polres Kolaka sekitar pukul 11.30 wita, ke 14 imigran itu langsung dibawa oleh anggota polisi setempat ke kantor imigrasi Kendari untuk diserahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement